Rabu, 02 Januari 2013

Kriteria-kriteria Pemimpin Masa Depan Untuk Indonesia

Ketua Komisi B MPM UNIVA

Oleh: Irvanuddin
Ketua Komisi B MPM UNIVA Medan

Indonesia tercinta kini dilanda kebingungan, bingung menentukan nasib negara yang tak tahu jelas arahnya. Semakin hari semakin banyak saja masalah yang dihadapi negara ini. Sungguh sangat disayangkan jika kita ingat kemerdekaan dulunya, tidaklah mudah untuk kita dapatkan perlu perjuangan dari para pahlawan. Banyak sekali yang dikorbankan baik materi, tenaga, pemikiran, dan waktu bahkan nyawa jadi taruhannya demi untuk mendapatkan kehidupan yang bebas.
Kini kita telah hidup bebas, dapat mengenyam kemerdekaan itu, akan tetapi mengapa tak ada perubahan yang berarti untuk rakyat ini. Masih banyak rakyat yang tidak bisa mengenyam pendidikan secara merata, masih banyak rakyat yang kelaparan, dan rakyat yang terlantar kehidupannya seperti tidak ada perhatian dari negara, bukankah mereka mempunyai hak yang sama dan dilindungi negara dengan sepenuhnya. Lalu siapakah yang harusnya disalahkan dalam masalah ini, sepertinya kita memang membutuhkan pemimpin masa depan yang dapat menyelesaikan masalah negara ini dan dapat membawa negara Indonesia yang lebih baik agar rakyat Indonesia dapat hidup sejahtera. Dan seperti apakah sosok pemimpin yang kita harapakan tersebut, pemimpin yang dapat membawa perubahan negara Indonesia yang lebih maju.
Calon Pemimpin Indonesia Harus Mempunyai Kriteria-kriteria sebagai berikut:
1.      Pemimpin Yang Berwawasan Luas
Presiden yang akan datang haruslah memiliki wawasan yang luas, karena dalam memimpin sebuah Negara banyak permasalahan yang harus dihadapi. Maka dari itu, dibutuhkan pemimpin yang berwawasan luas sehingga dapat menyikapi dan menyelesaikan permasahan itu dengan mengambil keputusan yang baik dan benar. Serta sesuai dengan harapan bersama dan wawasan sangatlah penting dalam melakukan perubahan-perubahan yang akan datang .
2.      Pemimpin Yang Tegas
Indonesia butuh pemimpin yang tegas dan berani mengambil keputusan yang benar serta tidak takut dengan ancaman bahaya dari luar tanpa pandang bulu. Jika memang salah, maka harus dihukum sesuai dengan kesalahan yang diperbuat. Contohnya seperti orang yang melakukan korupsi, jika memang Dia terbukti melakukan korupsi maka harus dihukum sesuai hukum yang berlaku. Walaupun itu teman sesama partai politik, suadara, maupun orang yang kaya dan mempunyai jabatan yang tinggi.
3.      Pemimpin Yang Tidak Mudah Goyah
Pemimpin yang tidak hanya mengikuti arus angin saja, jika angin kekanan maka kekanan jika kekiri maka ikut juga kekiri. Indonesia saat ini membutuhkan pemimpin yang tidak mudah goyah dan teguh pendirian dengan keputusan sendiri walaupun banyak godaan dari luar. Dia tetap komitmen dengan keputusan yang benar.
4.      Pemimpin Yang Mampu Berkomunikasi Dengan Rakyat
Pemimpin yang diharapkan oleh rakyat adalah pemimpin yang bisa memperhatikan nasib rakyatnya dan mampu berkomunikasi dengan baik dengan rakyat. Sehingga jika masyarakat ada keluhan dan kesulitan, maka pemerintah dan pemimpin cepat tanggap dan bisa mengatasi masalah tersebut.
5.      Jujur
Yang paling penting dari seorang presiden atau pemimpin negara adalah nilai kejujuran. Karena dengan adanya kejujuran, keharmonisan antara pemimpin dan rakyat akan terwujud. Rakyatpun akan percaya menitipkan amanah kepada pemimpin tersebut, sehingga rakyat akan merasa aman akan nasibnya akan datang dan tidak akan dikhianati oleh seorang pemimpin.
6.      Cekatan
Indonesia mengharapkan pemimpin yang cepat tanggap atau cekatan, sehingga jika ada rakyat yang membutuhkan pertolongan seperti suatu daerah mengalami banjir, longsor dan memerlukan bantuan biaya pendidikan, pemimpin Indonesia harus segera memahami dan segera memberikan pertolongan tanpa harus ada teguran dan sindiran dari rakyat baru ingin bergerak, tetapi cepatlah melihat kondisi rakyat agar rakyat tidak ada keluhan dengan pemimpinnya.
7.      Tanggung Jawab
Jika rakyat sudah memilih seorang pemimpin, maka pemimpin pun harus bisa memegang kepercayaan tersebut dan mampu mempertanggung jawabkan atas kepemimpinannya. Tanggung jawab ini bukanlah hanya di dunia saja, akan tetapi diakhirat kelak juga diminta pertanggungjawabannya. Maka Dari itu, seorang Pemimpin harus mampu menjalankan tanggung jawab tersebut dengan sebaik-baiknya. Inilah harapan dari rakyat Indonesia terhadap pemimpin masa depan.
8.      Teliti
Teliti disini maksudnya adalah teliti memperhatikan nasib rakyatnya, jika ada rakyatnya kesusahan dan memerlukan pertolongan. Tentulah pemimpinlah yang mempunyai kewajiban untuk membantu rakyat yang lemah dan tidak salah pilih saat membantu, memang membantu orang tepat untuk menerima bantuan tersebut. Untuk itu pemimpin masa depan harus benar-benar teliti memahami kondisi rakyatnya.
9.      Amanah
Karena pemilihan presiden secara demokrasi dan rakyat ikut dalam pemilihan tersebut, maka pemimpin masa depan yang sudah dipilih oleh rakyat haruslah amanah. Bukan hal yang mudah rakyat Indonesia menitipkan amanah tersebut itu, artinya rakyat sudah mempunyai kepercayaan terhadap pemimpin tersebut dan berharap pemimpin tersebut dapat membawa perubahan. Jika seorang pemimpin tidak bisa menjalankan amanah dari rakyat tersebut dengan baik pemimpin tersebut akan berdosa besar.
10.  Terbuka
Adanya keterbukaan antara rakyat dan pemimpin, seorang Pemimpin harus mampu  menjalankan amanahnya secara terbuka. Dengan ini rakyatpun merasa nyaman, jika tidak ada yang ditutupi dari rakyat, rakyatpun tidak merasa curiga dan berprasangka buruk terhadap pemimpinnya.
11.  Adil
Untuk berlaku adil bukanlah hal yang mudah, tetapi orang yang memiliki jiwa-jiwa kepemimpinan yang adil inilah yang sangat dibutuhkan rakyat Indonesia. Karena dengan keadilan, kesejahteraan rakyat dapat terpenuhi dan tidak adanya kesenjangan social. Semuanya diberlakukan dengan secara adil baik bagi yang miskin, kaya, pejabat, tukang ojek, petani, semuanya diperlakukan secara adil agar rakyat dapat mendapatkan hak yang sama.
12.  Berakhlak Mulia
Inilah kriteria yang sangat penting seorang pemimpin masa depan yang diharapkan rakyat Indonesia, karena seorang pemimpin yang berakhlak mulia tentulah Dia dapat menjalankan amanahnya dengan sebaik-baiknya. Selain dia ingat tanggung jawabnya sebagai pemimpin di dunia, Diajuga ingat kelak akan ada pertanggungjawaban di akhirat nanti. Dengan akhlak mulia, derajat seorang pemimpin menjadi tinggi. Ia akan dihargai oleh rakyatnya. Perintah-perintahnya akan ditaati. Pemimpin berakhlak mulia akan melahirkan tatanan masyarakat yang adil, aman, damai, tentram, dan sejahtera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar